welcome to my life, watashi wa ninna desu…

Rubik yang Aneh

Liburan kemarin aku berkunjung ke Blater rumah Eyang yang satu tempat juga dengan rumahnya pakde Tatam. Jadi biasanya ya berkumpul dengan seluruh keluarga termasuk sepupuku mas Jaka. Mas Jaka ini ternyata juga punya kebiasaan bermain dengan kubus rubik ini. Selain aku dan mas Jaka, masih ada sepupuku lain mas Awang yang gemar bermain rubik ini. Kalau prestasiku bermain rubik dapat dibaca di sini.

Soal rubik ini, ternyata mas Jaka itu punya rubik yang berbentuk agak di luar kebiasaan. Rubik biasanya berupa kubus dengan ukuran yang sama hanya berbeda warna. Memang sih di toko ada yang dijual dengan menggunakan variasi gambar untuk pengganti warna itu. Rubik juga ada yang yang berupa kubus dengan jumlah bagian bukan 3 X 3 X 3, melainkan 5 X 5 X 5, bahkan ada yang lebih rumit lagi.

Kalau rubik milik sepupuku ini berbeda lagi, ukuran bagian-bagian penyusun rubiknya bukan berbentuk bujur sangkar. Ukuran untuk luasan sisi-sisinya ternyata berbeda-beda. Bentuknya memang masih berupa segi empat tetapi terdiri dari tiga ukuran segi empat. Jadi bagian di baris atas memiliki ukuran yang berbeda dengan bagian yang terletak di baris tengah dan baris paling bawah. Rubik ini memiliki warna yang sama.

Rubik aneh punya Jaka.

Rubik aneh punya Jaka.

Jaka bermain rubik anehnya.

Jaka bermain rubik anehnya.

Cara bermainnya tentu saja adalah sama. Rubik diacak dulu dan kemudian kita menata kembali seperti semula. Rubik ini kalau diacak akan menyebabkan bentuknya menjadi tidak karuan. Bahkan dapat dianggap seperti durian, karena ada bagian runcing yang menonjol keluar. Cara menyelesaikannya tentu perlu pemikiran lagi.

Saya di Blater belum dapat menyelesaikannya. Akhirnya rubik ini aku pinjam saja untuk dibawa ke Yogya. Akhirnya sampai sekarang sih bisa juga menyelesaikannya. Yes !!!

Oh ya ada yang tertarik mau mencoba ? Beli rubiknya sendiri dong !!

Rubik berbagai macam ukuran.

Rubik berbagai macam ukuran.

Rubik aneh berbentuk bola.

Rubik aneh berbentuk bola.

Rubik berbentuk bintang.

Rubik berbentuk bintang.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: