welcome to my life, watashi wa ninna desu…

(pada tau urinekan? itu bahasa planetnya pipis)

pertama kali diumumkan kalau akan ada praktikum ini, kelasku berubah menjadi pasar. ribut semua ngomongin urine. di kertas petunjuk praktikum, tertulis semua murid wajib membawa urine MASING-MASING. tapi berdasarkan cerita kelas lain, setiap kelompok hanya diwajibkan satu urine saja. berarti, di setiap kelompok itu harus ada yang mau mengorbankan diri menjadi penyumbang urine. hahaha..

hari H pun tiba. pagi-pagi aku udah punya urinku (aduh kata-katanya-_-). tapi tak buang. oke, aku nggak mau menyumbangakn urinku, GW G MAU!!! jadilah usaha pagi-pagiku sirna. sampai sekolah, aku tanya ke semua orang siapa yang bawa urine. dan hasilnya, hanya satu orang. dasar semua orang di kelasku, especially yang cowok, adalah pemalas, kebanyakan mengerjakan laporan praktikumnya di hari itu juga. tapi karena aku rajin, aku ngerjainnya di rumah :D.

ketika jam praktikum tiba (diluar jam sekolah), akhirnya satu-persatu murid dari masing-masing kelompok pada ke kamar mandi, untuk,, yah you know what i mean. dari kelompokku, bukan aku yang nyumbang urin, tapi PIIIIPPP (disensor namanya). setelah dijelaskan jalan praktikumnya, tiap kelompok mulai mengerjakan sesuai kertas petunjuk.

dimulai dengan Uji I : Uji pH Urine. caranya pakai pH meter. alatnya dicelupkan ke urine yang ditaruh di gelas ukur, lalu diangin-anginkan. tapi diangin-anginkannya nggak terus di taruh di depan kipas angin, ntar seluruh lab pesing semua. cukup di goyang-goyangkan di atas gelas ukur.

Uji II adalah Uji Bau Amonia Urine. atau bahasa kerennya mengukur kepesingan pipis. caranya urine di panaskan pakai spiritus. lalu setelah mendidih, di cium baunya. huahahaha, karena aku yang bertugas memanaskan, jadi yang nyium baunya temen-temenku yang lain. lalu dikira-kira bau pesingnya tingkat berapa. tingkatannya yaitu = (-) atau tidak pesing (kalau tidak pesing malah nggak normal), (+) pesing, (++) pesing sekali, (+++) sangat pesing sekali. dan urine temenku itu tingkatnya (+). itu normal.

Uji III : Uji Kandungan Khlor. caranya, urine di tabung reaksi ditetesi larutan AgNO3. lalu kalau ada endapan putihnya, berarti urine mengandung khlor. nah, disini aku agak bingung. kalau urine mengandung khlor, berarti kinerja hati dan ginjal sedang terganggu. tapi ada yang mengatakan bahwa setiap urine seseorang selalu mengandung khlor.. ada yang bisa jawab?

Uji IV : Uji Kandungan Glukosa. caranya urine ditetesi reagen benedict. jika berubah warna menjadi merah bata, berarti positif mengandung glukosa. urine temenku warnanya agak kecoklatan, jadi menurutku urinnya sedikit mengandung glukosa. jika urine mengandung glukosa, berarti ginjal, hati, dan pankreas ada yang bermasalah.

Uji V : Uji Kandungan Protein. urine ditetesi biuret, jika berubah warna menjadi ungu, maka urine positif mengandung protein. urine temenku warnanya tetep-tetep aja, jadi urinnya normal.

selama praktikum, terjadi banyak hal lucu. ada temenku cowok yang jadi penyumbang urin. urinnya dimasukin di botol aqua. trus sama dia dikocok-kocok sampe berbusa (hueks). trus dia bilang, “ada yang mau tebs?”. lalu ketika praktikum sedang berlangsung ditengah-tengah, meja kelompok sebelah heboh karena urine yang sedang mendidih tiba-tiba muncrat, membasahi kertas laporan praktikumnya, hahaha. guru pembimbing sampai dibuat repot gara-gara kelasku heboh banget, dan laboratorium bisa hancur gara-gara ini.

kata mbakku, praktikum urine ini enggak seberapa. dia cerita, dulu waktu dia kuliah, dia praktikum feses. yah,, kalau misalnya praktikumnya ditambah Uji Feses, nggak bisa bayangin deh gimana keadaan laboratoriumnya.. -__-

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: