Latihan jadi detektif 1

Kehilangan dompet

Nila orang yang baik. Nila selalu membantu temannya jika dapat kesulitan.

Suatu hari ketika bulan puasa, teman Nila, Rara menemui ibu guru karena ia kehilangan dompetnya dikelas. Ketika hilang, Nila ada dikelas sendirian. Rara menuduh Nila yang mengambil. Ibu guru memanggil Rara dan Nila keruangannya untuk di”interogasi”. Nila yang tidak tahu apa apa kebingungan.

”Rara, apa benar dompetmu hilang?” tanya bu guru.

“Benar bu guru. Sebanyak 30.00 rupiah uang yang ada di dompet hilang. Padahal itu adalah uang sakuku selama seminggu” jawab Rara

“kapan kau terakhir melihat dompetmu?” tanay bu guru.

”ketika istirahat. Setelah bel masuk berbunyi, aku masuk kelas, lalu dompetku hilang. Aku memang lalai menaruh dompetku di atas meja. Tapi aku tidak tahu kalau pada akhirnya dompetku akan hilang. Kata teman teman orang yang ada di kelas pada saat itu adalah Nila. Walaupun aku tak percaya Nila yang mengambilnya, tapi mau bagaimana lagi, hanya Nila yang ada saat itu” jawab Rara.

“tapi aku tidak mengambil dompetmu, Rara!” sergah Nila.

“nah, Nila, apa yang akan kamu katakan untuk membela diri?” tanya bu guru.

“bu guru, saya tidak akan mengambil barang milik orang lain. Saya memang orang tidak mampu, tapi saya tidak akan melakukan tindakan tidak terpuji ini. Lagian saat ini saya sedang berpuasa. Jadi untuk apa saya mengambil tiga lembar sepuluhribu itu. Untuk pulang pun saya tinggal berjalan kaki karena rumah saya dekat. Huh!” jawab Nila.

“iya iya Nila, jangan marah. Ibu kan hanya tanya” kata bu guru.

“dan mungkin saja Rara tidak kehilangan dompetnya. Mungkin saja ia hanya mengarang cerita. Lagian, kenapa ia tinggalkan dompetnya? Memangnya ia tidak jajan?” tambah Nila.

“tapi, akukan..”

“sudah sudah, bu guru sudah tahu pelakunya. Nah, kamu keluarlah, tinggalkan bu guru dengan anak nakal ini!” kata bu guru.

Jadi, siapa yang dimaksud “anak nakal” oleh bu guru????

4 thoughts on “Latihan jadi detektif 1

  1. beehyeni berkata:

    anak nakalnya siapa yah..
    kayaknya si Rara yang mengarang cerita buat ngejebak si Nila.Karena kenapa dia ninggalin dompetnya gitu aja,ceroboh banget.

    Tapi aku lebih condong ke Nila yang jadi anak nakal.
    Rara kan cuma bilang uang 30 ribu.Dia gak bilang 30 ribu itu pecahannya apa aja.Tapi Nila bisa langsung bilang kalau uang 30 ribu itu
    “..3 lembar sepuluh ribu…”

    Jadi menurutku Nila..

    ahaha..gak tau juga ah..
    yang benar siapa mbak ??

    • nugrainna berkata:

      ya udah, bener kok.

      nila yang jadi “anak nakal”, soalnya darimana dia tahu kalo uang yg ada di dompetnya si rara itu ada tiga lembar uang sepuluh ribu, padahal di cerita dia nggak tahu apa apa.

      dan jangan panggil aku mbak ya??! hahaha….

  2. F berkata:

    to all,
    kalian smua gk usah cari pencurinya,pertnyaan nie kan hnya mengarah pada anak nakalnya saja , sudah jelas anak nakalnya adlh “Nila” ,coz waktu rara ngomong “tapi akukan..” dipotong bicranya oleh buguru,dan buguru pun bilang “sudah sudah,bu…”, jadi sudah jelas anak nakal tsb adlh nila .,

    iya kan admin?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s