Renang Sama Cethul

Hari jumat tanggal 2 Juli 2010, aku dan keluargaku pergi renang. Kolam renang yang dituju adalah kolam renang alami di Klaten. Disebut kolam renang alami karena sebenarnya itu kolam untuk menampung air yang keluar dari mata air. Di daerah Klaten memang banyak terdapat mata air.

Kolam renang yang kutuju namanya Pluneng. Kolamnya beda dari yang lain. Dinding kolam dilapisi keramik, tapi dasarnya tidak dikeramik karena tempat keluarnya air. Kalau dikeramik, ya airnya nggak keluar dong..! Jadi dasarnya cuma dikasih batu-batu kali. Tapi malah terlihat alami.

Kolam renang sumber air alam, Pluneng, Sumberarum, Klaten

Kolam renang sumber air alam, Pluneng, Sumberarum, Klaten.

Pluneng mempunyai 3 kolam renang. Satu kolam utama tempat mata air keluar. Lumayan besar, 10 x 40 m. Yang dua kolam untuk anak-anak. Kolam untuk anak-anak, yang satu dasarnya juga tidak dikeramik, yang satunya lagi dikeramik. Kedalaman kolam utama sekitar 2 – 3 m.

Percaya atau tidak, ketiga kolam ini juga menjadi tempat hidup para cethul, ikan yang ukurannya kecil kecil. Renang bareng cethul? Gimana rasanya? Biasa saja kok. Rasanya seperti renang biasa. Si cethul enggak ngganggu. Si cethul kan kecil, paling yang terganggu malah si cethulnya.

Ikan kecil-kecil di dalam kolam.

Ikan kecil-kecil di dalam kolam.

Di sekitar kolam renang, banyak warung yang menjual makanan kecil dan gorengan. Ada juga yang menyewakan pelampung untuk dewasa maupun anak-anak. Harga masuk ke kolam renang tiga ribu Rupiah. Kolam renang Pluneng ini terletak di dusun Pluneng, Desa Kebonarum, Klaten. Kalau dari Jogja, sekitar km 20, setelah pabrik gula Gondang, ada trafficlight, belok kiri ke arah Ndeles indah. Setelah 3 km, belok ke kanan, sampailah di Kebonarum. Selanjutnya silahkan tanya sama warga setempat dimana lokasi kolam renang Pluneng. Dan, selamat berenang…

Kolam anak-anak yang bersih dan segar.

Bermain di kolam anak-anak yang bersih dan segar.

3 thoughts on “Renang Sama Cethul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s