Seafood Kepiting

Salah satu makanan kesukaanku adalah kepiting. Ada dua jenis kepiting yang pernah aku makan yakni kepiting hijau dan kepiting rajungan. Aku tidak dapat membedakan rasa dari kedua jenis kepiting ini karena sama-sama enak. Daging kepiting tersembunyi di dalam cangkang. Bagian yang paling besar adalah di capit serta di tubuh kepiting yang tersambung ke ruas kaki-kakinya.

Aku biasanya makan kepiting ini jika bapak membeli kepiting di depan BRI Jalan Cik Di Tiro. Kepiting hidup yang dibeli ini biasanya diikat dengan tangkai pelepah daun pisang supaya kepiting tidak banyak bergerak dan berjalan-jalan, yang jelas supaya tidak mencapit orang. Kalau kepiting banyak bergerak akan dapat mengurangi ukuran daging yang terdapat di dalam tubuhnya sebagai sumber energinya. Sesampai di rumah, kepiting harus dibersihkan dengan jalan disiram air bersih dan disikat. Sesudah itu kepiting direbus sampai cangkangnya berwarna merah oranye. Kemudian setelahnya kepiting dimasak, biasanya dimasak dengan bumbu saos tiram ditambah bawang putih, cabe dan garam secukupnya. Siaplah kepiting masak ini untuk dimakan beramai-ramai. Paling mudah makan kepiting cukup dengan tangan saja, tidak usah pakai sendok karena akan susah.

Untuk rajungan biasanya kalau pergi ke pantai. Kami yang sering membeli kalau pergi ke pantai Baron atau pernah juga di pantai Teluk Penyu di Cilacap. Rajungan yang dibeli di sana sudah termasuk dengan memasaknya, jadi tinggal terima matang. Rajungan ini rasanya hampir sama dengan kepiting dan cara memakannya pun hampir sama.

Kepiting siap makan.

Kepiting siap makan, nyum..nyum...

Baru-baru ini aku menerima email dari temanku tentang kepiting raksasa di Jepang. Ukuran kepiting ini katanya sungguh luar biasa jauh di atas ukuran kepiting biasa. Wah aku membayangkan kalau dimasak, bisa bikin kenyang berapa orang ya ?

Ninna

One thought on “Seafood Kepiting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s