Buah Unik yang Misterius

Aku lupa tepatnya saat diajak bapak pergi menengok tanah di daerah Sambisari. Tanah pekarangan itu karena jarang ditengok jadi terlihat kurang rapi. Banyak tanaman semak yang tumbuh liar dan rimbun di tanah itu.

Saat itu, aku bermain-main bersama Ian dan Anti di tepian selokan yang ada di lokasi itu. Air di selokan yang jernih itu terasa dingin dan menyegarkan. Kemudian tidak sengaja kami melihat tanaman yang tumbuh di tepi selokan merambat ke pohon yang tinggi. Kami tertarik pada buah yang keluar dari tanaman ini. Sepertinya belum pernah aku melihat di tempat lain.

Buah ini keluar dari suluran tanaman yang merambat ini. Buahnya kecil berukuran sekitar 5 cm. Warna buah saat muda adalah hijau, kemudian berangsur-angsur matang menjadi jingga dan merah. Buahnya seperti buah tomat tetapi berbentuk lonjong. Aku sendiri tidak berani mencoba merasakan takut beracun.

Tanaman merambat dengan buah seperti tomat.

Buah yang muda berwarna hijau, kemudian berganti kuning dan jingga.

Ada yang pernah lihat buah ini gak ya ? Kalau ada yang tahu beri tahu aku ya… Terimakasih banyak ya.

8 thoughts on “Buah Unik yang Misterius

  1. SUBHAN berkata:

    KELIHATANNYA DULU ORTUKU PERNAH NANEM TANAMAN ITU. BISA DIMAKAN KOK ….MO BUAT LALAPAN ATO CEMILAN. TAPI AKU GA SUKA…. . NAH SEKARANG AKU MALAH LAGI TANEMAN ITU. SUSAH……. TOLONG BAGI LOKASI TEPATNYA YA…….
    LAGI BUTUH BGT NICH……

  2. lailyza berkata:

    wedew,, klo di sekitar rumah nenek aq mah bny (dulu).
    tumbuhnya emg disemak2 gt..
    klo aq liat c mirip miniatur timun. & biasaX q buat mainan ma tmn masa kcilQ dlu..
    hehe

  3. puput setiawan berkata:

    ntu orang bilangx timun mes mini…
    klo merah gak bsa dimakan klo yg msih hijau ntu dmakan untuk mnurunkn tekanan darah tinggih sangat cepet…
    tanaman ini pertumbuhanx sma dngan timun yg biasa dipasar tpi hidupx lbih lama tidak sekali sja..

  4. Fajar berkata:

    Di tempatku banyak bgt, disini namanya trapasan. menurutku gak mirip tomat, tapi mirip timun krn emg satu genus dg timun. kl mentah rasa, aroma, tekstur mirip timun tetapi sepat&pahit. biasanya direbus utk hilangkan pahitnya. kl dh matang/merah rasanya mirip ppaya, biasanya utk makanan burung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s