Sampah di Pantai Ngrenehan

Sampah selalu menimbulkan masalah. Bisa banjir, penyakit, lingkungan kotor, bau tak sedap, dll. padahal, sampah sebenarnya bisa di manfaatkan. sampah organik bisa dijadikan pupuk, sampah non organikpun bisa dijadikan aneka kerajinan tangan. tapi sayangnya, orang-orang (khususnya di Indonesia) kurang memperhatikan sampah. sampah dibuang sembarangan, kalaupun di buang di tempat sampah, sampah kering dan basah di campur.

Sampah berserakan selalu dijumpai di berbagai tempat, salahsatunya tempat wisata. Contohnya sewaktu saya berlibur ke pantai ngrenehan. Disana terlihat kondisi tempat wisata yang sebenarnya cukup indah ini menjadi berkurang karena sampah yang berserakan. Di air dan di pasirnya sama saja. Ada banyak sampah. Mau daun, mau bungkus plastik, mau tulang ikan, semua jenis sampah ada. Bahkan ternyata kamar mandi yang ada di pinggir pantai saluran pembuangannya langsung menuju pantai. Tidak ditampung dulu. Nanti kalo ada “si kuning sedang berlayar” mengapung-apung di air laut padahal pengunjung sedang asyiknya main air gimana hayo? Ckckckck…. Jorok. Dengan keberadaan sampah itu menyebabkan pantai menjadi kumuh. Pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai menjadi kurang nyaman, risih.

sampah yang berserakan di pantai ngrenehan

Untuk mengatasi permasalahan sampah di pantai ngrenehan, harusnya diadakan perbaikan. Seperti :

  1. dibangunnya tempat penampungan sampah, sampahnya dipisahkan menurut jenis basah dan keringnya.
  2. dibangun kamar mandi yang ada penampungan air kotor sekaligus kotorannya.
  3. memasang papan bertuliskan >> “dilarang buang sampah sembarangan”.
  4. memperkerjakan orang yang bertugas mengambil sampah yang hanyut di laut atau di pantai.

Kalo sudah ketersediaan fasilitas, pengunjung yang datang mestinya ikut juga menjaga kebersihan. Pada akhirnya apabila pantai bersih, maka akan semakin banyak pengunjung yang datang. Masyarakat sekitar yang bekerja sebagai penjual ikan atau penjual suvenir akan senang karena pengunjung banyak, jadi aktivitas ekonomi daerah situ meningkat. Dan juga,, kalo mau foto-foto  juga hasilnya baguskan, nggak ada sampahnya lagi…

2 thoughts on “Sampah di Pantai Ngrenehan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s