Rumah Joglo, Masih Banyak Kok

Tahu nama rumah adat dari Jogja? Namanya joglo.. tau nggak?? Kalo nggak tau payah!

Joglo adalah rumah adat yang mempunyai atap gunungan, mempunyai tiang penyangga dari kayu jati (besar dan tua), dll… di Jogja, rumah Joglo masih banyak dibangun (ya iyalah,, daerahnya sendiri).

Ni dia, foto-foto rumah joglo yang ada di sekitar jogja… Sumber foto diambil dari beberapa situs di internet.

Rumah joglo asli di pedesaan, biar jelek asal mahal...

Rumah joglo di desa wisata Kelor Sleman. Pengin nginap disana nih...

Rumah joglo untuk rumah makan di dalam Keraton Jogja.

Rumah joglo untuk restoran di Mlati Sleman. Cantik kan ???

Kapan ya punya rumah seperti itu ? Saya dengar harganya mahal sekali (ya iyalah lagi…. wong harga rumah biasa saja sudah mahal, apalagi rumah joglo yang terbuat dari kayu).

Kalau baca di buku pengetahuan, sih rumah kayu macam rumah joglo juga banyak dijumpai di tempat lain. Seperti di Jawa Tengah juga banyak, seperti rumah limasan, rumah kudus, dan lain-lain. Belum lagi rumah kayu dari daerah lain di Indonesia ini. Jadi memang harus bangga dengan negara kita ini yang ternyata memang kaya (ya iyalah sekali lagi….lha penduduknya berbagai macam, budayanya berbagai ragam, rumahnya ya macam-macam).

Aku sebenarnya punya foto lagi bergaya di rumah joglo yang ada di dekat tempat tinggalku, tapi dicari kok gak ketemu ya ? Itu saja dulu ya…

3 thoughts on “Rumah Joglo, Masih Banyak Kok

  1. itaroihanah berkata:

    salam kenal, saya ita roihanah, ini nih, saya lagi nulis tentang rumah jawa, saya ijin copy salah satu foto ya.. saya cantumin juga sumbernya.. makasih..

    best regards,
    ita roihanah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s