Awas Ada Awan Nanas

Kalau melihat letusan gunung Merapi sekarang ini, saya teringat tentang kenangan sewaktu berkunjung di tempat wisata gardu pandang Kaliurang. Di sana ada rambu peringatan yang menurut saya unik kalau diperhatikan dengan teliti.

Tempat wisata ini adalah berupa gardu pandang untuk melihat puncak gunung Merapi dari tepian tebing di daerah Kaliurang. Kalau ke sana arahnya dari pertigaan taman bermain anak-anak harus mengambil jalan yang ke kiri. Jangan ke arah kanan, kalau yang ini berarti akan ke Tlogo Putri.

Puncak Merapi dilihat dari gardu pandang

Di lokasi ini terdapat bunker untuk tempat persembunyian sementara dari ancaman letusan gunung merapi berupa awan panas. Selain itu terdapat pondok-pondok atau gardu untuk tempat orang melihat puncak. Kalau cuaca cerah maka akan dapat terlihat jelas. Jika ingin lebih jelas lagi dapat menyewa teropong yang disediakan beberapa penduduk setempat. Di sekitar tempat itu juga disediakan tempat untuk bermain seperti ayunan, taman yang cantik, jembatan dan lain-lain. Ada juga tempat orang jual makanan dan minuman ringan.Selain pemandangan gunung,  dari sini juga dapat melihat sungai Boyong yang berada di bawah tebing. Dari atas sungai ini terlihat sangat dalam. Sungai ini merupakan aliran material lahar dingin yang dikeluarkan dari gunung Merapi. Di seberang sungai merupakan bukit Bebeng, yang terlihat hijau.

Bukit Bebeng di seberang gardu pandang

Hal yang unik yang ingin saya sampaikan di atas tadi adalah berupa papan peringatan bahaya yang ada di lokasi itu. Jadi untuk diketahui daerah ini termasuk rawan bencana karena berada di jalur awan panas atau wedus gembel. Jalur ini memang dapat ditandai dengan mengikuti aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung Merapi, termasuk sungai Boyong ini. Untuk itu pengunjung harus diberi peringatan akan risiko bahaya awan panas ini, salah satunya dengan adanya rambu ini.

Nanasnya dimasak dulu apa ya, kok bisa panas ?

Coba tengok rambu peringatan tersebut ? Apanya yang unik hayo….

2 thoughts on “Awas Ada Awan Nanas

  1. Ian berkata:

    Sekarang seperti apa ya gardu pandang itu… mungkin udah tertimbun lahar merapi ya… yok kapan2 kita kesana … skarang kan udah dibuka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s