Sungai bukan Tempat Sampah

 

Tiap berangkat ke sekolah saya melalui jalan pintas melewati persawahan dan melintasi sungai kecil. Pemandangan sawah yang masih tersisa sedikit di pinggiran kota Yogyakarta. Namun sekarang pemandangan itu pun sudah mulai ternoda. Hal ini karena ulah sedikit orang yang berlaku seenaknya.

Sampah yang dibuang sembarangan di tepi sungai.

Coba kalau tengok foto di atas. Tampaklah pinggiran sungai yang seharusnya bersih, ternyata menjadi tumpukan sampah. Sampah tersebut berasal dari ulah warga sekitar yang membuang sampah dari rumah tangga. Warga sekitar mungkin ingin enaknya saja dengan menganggap bahwa sungai dapat menjadi tempat sampah.

Padahal kalau dipikir sampah akan mengganggu aliran sungai. Jika hujan deras maka air sungai dapat meluap menjadi banjir. Apalagi sampah itu akan terbawa air ke bagian bawah, sehingga yang repot masyarakat yang tinggal di daerah lebih bawah sana.

Jadi sampah jangan dibuang ke sungai, hendaknya lebih baik dikumpulkan di tempat penampungan sampah. Dari sini sampah akan diangkut petugas untuk diolah lebih lanjut. Sungai bukanlah merupakan tempat sampah, oke !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s