Asah Otak dengan Mengisi TTS

Otak harus selalu diasah. Kalau di sekolah ya tentu saja dengan belajar dan berlatih menyelesaikan soal-soal latihan atau ulangan. Kalau di rumah, otak dapat diasah juga dengan banyak jalan. Asah otak yang paling menyenangkan dan sekaligus rekreasi reflek tangan adalah dengan bermain game di komputer. Tapi hal ini sekarang tidak boleh sama ibu. Jadi harus ada kegiatan lain untuk asah otak yang lebih baik.

Sekarang ini di harian Kompas setiap hari-hari tertentu di halamannya dicantumkan rubrik Teka teki silang atau TTS. Sebenarnya sih tidak hanya kompas yang menyediakan bagian ini. Tetapi karena di rumah langganan surat kabarnya harian ini maka yang menjadi bahan latihan asah otak ini ya dari TTS Kompas.

TTS merupakan semacam kuis untuk yang dilakukan dengan jalan mengisikan huruf-huruf yang membentuk arti atau kata tertentu di kotak-kotak yang disediakan. Untuk mengisikan kata yang dimaksud tentunya diberikan petunjuk atau pertanyaan yang merujuk pada sinonim kata yang ditanyakan. Jumlah huruf yang diperlukan tentunya dapat diketahui dari jumlah kotak yang telah tersedia. Lokasi kotak yang dimaksud ditunjukkan dari angka kecil yang tertera di dalam kotak.

TTS kompas.

TTS kompas.

Dalam TTS ini arah susunan kotak-kotak itu bisa berupa susunan mendatar atau menurun. Jadi ada beberapa huruf yang digunakan bersama untuk isian mendatar ataupun yang menurun. Bagian huruf yang digunakan bersama ini dapat menjadi bantuan untuk petunjuk kata yang berikutnya.

Sebagian besar pertanyaan berupa sinonim atau persamaan kata dari istilah yang dituliskan di bagian pertanyaan. Beberapa juga menunjukkan lawan kata. Ada juga yang menanyakan soal bahasa Inggris atau bahasa lain dari kata yang ditanyakan.

Kalau mau mengisi TTS dengan mudah maka carilah dulu pertanyaan yang mudah dan pasti jawabannya. Jawaban kata-kata ini dapat membantu untuk pertanyaan berikutnya. Jadi setelah tersedia beberapa huruf di lembar TTS maka pertanyaan berikutnya dicarikan dari bagian yang sudah ada petunjuknya itu dulu. Kalau ada yang belum bisa terjawab baru pindah ke bagian lain. Begitu seterusnya sampai seluruh pertanyaan yang dapat terjawab diisikan.

Untuk menjawab hal ini saya harus mengingat kata-kata yang saya tahu. Kalau tidak tahu biasanya menggunakan kamus atau mencarinya di internet. Tapi sering juga saya bertanya kepada ibu, atau bahkan bertanya kepada bapak lewat YM. Kalau bertanya pada orang lain, saya tinggal menyebutkan petunjuk atau pertanyaannya kemudian menyebutkan juga berapa kotak yang tersedia. Jika sudah ada huruf yang tersedia maka disebutkan juga. Mengisi TTS dengan jalan gotong royong seperti ini memang membantu lho. Kalau dulu lebih banyak bertanya, lama kelamaan sudah berkurang. Beberapa pertanyaan dan jawabannya kadang sering muncul juga sih di beberapa lembar TTS.

Kadang untuk memudahkan dalam mempercepat mengisi TTS ini dengan jalan menandai angka-angka nomor pertanyaan yang sudah terjawab. Jadi pada saat mengulangi pertanyaan yang belum terjawab akan lebih cepat mencarinya.

TTS ini sebenarnya untuk hiburan dan mengisi waktu luang saja. Namun kadang setelah lembar TTS dapat terisi maka saya juga tergerak untuk mengirimkan hasil jawaban ini ke redaksi harian penerbitnya. Saya pernah beberapa kali mengirimkan jawaban TTS ini ke kompas. Jawaban ini akan diundi untuk ditentukan sebagai pemenang dan mendapatkan hadiah. Tapi sampai sekarang belum pernah dapat hadiah sih.

Kalau soal hadiah dari menjawab TTS ini, saya juga punya pengalaman mendapat hadiah. Bukan dari Kompas tapi dari majalah Ultra. Hadiahnya bukan uang tapi berupa tas. Besok lagi saya ceritakan kembali yang soal ini.

kalau ngisi TTS raksasa ini malah tidak ada hadiahnya lho...

kalau ngisi TTS raksasa ini malah tidak ada hadiahnya lho...

One thought on “Asah Otak dengan Mengisi TTS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s