Rekorku Menyelesaikan Rubik

Ini juga permainan asah otak. Namanya Rubik. Itu lho kotak kecil berbentuk kubus tiga dimensi yang terdiri dari 3 X 3 X 3 bagian. Jadi enam sisi kubus itu memiliki sembilan muka bujur sangkar kecil. Setiap sisi itu asalnya memiliki warna yang sama. Bagian rubik ini didesain untuk dapat diputar ke segala arah mengikuti gerakan engsel pada setiap bagian rubik itu.

Mainan Rubik untuk asah kotak yang sehat.

Mainan Rubik untuk asah kotak yang sehat.

Permainannya juga mengikuti aturan yang sederhana. Kubus rubik diacak dengan dibolak balik susunan warnanya dengan pemutaran bagian-bagiannya, selanjutnya tinggal dikembalikan lagi bentuk asalnya yang memiliki warna sama pada setiap sisinya.

Mudah kan ? Tidak lah kalau tidak mengetahui dan tidak terlatih untuk mengembalikan posisi kubus-kubus rubik itu. Mungkin bagi seseorang untuk menyusun satu muka sisi saja masih dapat dilakukan. Tetapi jika diteruskan untuk keenam sisi yang lainnya barulah harus mengasah dan memeras otak.

Dengan sedikit latihan dan diajari tekniknya oleh saudara sepupuku, maka kemudian aku dapat juga menyelesaikan menata kembali susunan kubus rubik ini. Untuk menyelesaikannya pada awalnya aku memerlukan waktu yang cukup lama. Namun sekarang sedikit demi sedikit mulai dapat melakukannya secara cepat.

Untuk melatih keterampilan dan asah otak ini sering aku berlatih dengan menghitung waktu penyelesaian yang diperlukan untuk menata kembali rubik ini. Dengan ditemani Ian, adikku, maka dia yang mengacak susunan kubus rubik ini. Selanjutnya mulailah dilakukan penghitungan waktu dengan stopwatch untuk mengetahui waktu yang diperlukan. Segera aku memutar dan menata kembali susunan kubus rubik ini.

Rekor yang tercatat saat ini adalah satu menit lima puluh detik. Itu sudah yang paling cepat. Memang sih kadang lewat dari waktu 2 menit atau lebih. Tetapi bagiku bisa menata kembali kubus rubik ini sudah memberikan kebanggaan.

Berlomba memecahkan rekor menata rubik.

Berlomba memecahkan rekor menata rubik. Ian sebagai wasit.

Waktu sudah lewat 1 menit.

Waktu sudah lewat 1 menit.

Yakkkk.... Selesai !!!

Yakkkk.... Selesai !!! Rekor baru !

Atau mau mencoba berlomba denganku ? Siapa takut…..

One thought on “Rekorku Menyelesaikan Rubik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s