Asah Otak dengan Sudoku

Untuk latihan asah otak aku memang sering lakukan dengan jalan mengisi TTS. Tetapi sekarang juga senang melakukan kegiatan lain yang mirip-mirip juga. Asah otak ini dilakukan dengan menggunakan lembar permainan Sudoku. Kalau dari namanya sih mungkin dari Jepang tapi tidak persisnya sih.

Lembar sudoku yang aku isikan berasal dari lembar di salah satu halaman Kompas. Pada hari-hari tertentu sering juga dimuat lembar permainan sudoku ini. Seperti juga untuk TTS, sudoku ini juga menawarkan hadiah uang bagi yang mengisi dan mengirimkan kembali ke redaksi untuk diundi. Tapi sampai sekarang sih aku baru sekali mengirimkan lembar jawaban sudoku ini dan belum pernah menang juga.

Cara mengisi dan aturan sudoku ini sangat mudah. Sudoku berupa permainan untuk mengisikan angka 1,2,3,4,5,6,7,8 dan 9 pada kotak-kotak yang tersedia. Jadi berbeda dengan TTS, kalau di sudoku tidak ada pertanyaan satupun. Bagian besar lembar sudoku ini terdiri dari kotak bujur sangkar 9 kotak horisontal X 9 kotak vertikal. Dari bagian kotak besar ini akan terdiri dari 9 kotak kecil berukuran 3 X 3.

Aturan untuk mengisi lembar permainan Sudoku.

Aturan untuk mengisi lembar permainan Sudoku.

Aturan penempatan angka-angka itu adalah harus menempatkan angka 1-9 tersebut ke susunan baris atau kolom sehingga dalam terpasang seluruhnya pada satu baris secara lengkap. Selain itu pada satu kolom juga harus terisikan secara lengkap. Masing-masing tidak boleh ada angka yang terpasang rangkap pada satu baris atau satu kolomnya. Syarat tambahannya adalah dalam satu bagian kotak kecil berukuran 3 X 3 itu juga angka 1-9 terisikan secara lengkap dan tidak ada yang berulang. Caranya seperti itu.

Setiap lembar sudoku biasanya sudah terisikan beberapa angka yang terpasang acak di beberapa kotak posisi. Dengan menggunakan angka yang telah terpasang kita dapat memulai untuk mengisikan angka-angka berikutnya.

Kalau aku biasanya menggunakan pensil untuk pengisiannya. Pengisian pertama kali dicari dulu dalam satu baris atau satu kolom yang sudah banyak terisi. Kotak yang tersisa dapat diduga berisikan angka yang belum terpasang dari kemungkinan 1-9 itu. Angka yang sudah tertulis biasanya membantu untuk menunjukkan kemungkinan kunci angka yang seharusnya berada di posisi itu.

Seringkali satu kotak dapat memiliki kemungkinan lebih dari satu angka yang diduga menempati posisi itu. Kalau sudah seperti ini maka caranya adalah dengan mengisikan angka yang mungkin di situ dengan pensil kemudian meneruskan jawaban yang lainnya. Kalau kemudian terbukti benar tinggal diteruskan ke posisi yang lain, kalau salah maka tinggal dihapus lagi saja.

Tingkat kesulitan mengisi lembar sudoku ini adalah tergantung dari jumlah petunjuk yang tersedia. Kalau angka-angka yang telah terisikan banyak dan menyebar, maka mengisi jawaban selanjutnya akan lebih mudah. Namun kalau angka petunjuk yang tersedia sedikit, maka harus banyak menebak kemungkinan-kemungkinan posisi yang dimungkinkan.

Selama ini sih hampir semua lembar sudoku yang terdapat di Kompas dapat aku selesaikan. Meskipun banyak juga yang coretan-coretannya mengotori lembar itu karena berulangkali harus mencoret dan memperbaiki jawaban. Tapi kalau lembar sudoku sudah terselesaikan, rasanya senang juga.

Hayo siapa mau berlomba mengisikan sudoku denganku ?

Kertas tisu sudoku

Kertas tisu sudoku. Ini bisa yang antre di toilet jadi panjang sekali nih...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s