Jalan – Jalan di Botanical Garden

Di pulau pineng, ada sebuah tempat wisata berwujud kebun. Namanya botanical garden, kaya kebun raya bogor gitu (tapi kayanya koleksinya nggak selengkap kebun raya bogor, habis isinya cuma dikit). Botanical garden berada di kaki bukit bendera (kalo nggak salah).

Parkirannya lebar lho.. waktu saya kesini, parkirannya sepi, nggak banyak kendaraannya. Serasa milik sendiri😀. dari pintu masuk, pengunjung bisa langsung melihat deretan pohon aneh, namanya canon ball. Pohon ini berbunga, bunganya cantik. Tapi baunya,, busyet.. setara dengan bau semur jengkol udah basi dicampur dengan jus bawang putih plus terasi. Botanical garden ini punya banyak green house. Di setiap green house isi tanamannya beda. Ada yang isinya anggrek, begonia, pakis, paku-pakuan, bonsai, kaktus, dll.

Untuk jalan-jalan keliling botanical garden, pengunjung harus naik kereta mini, nggak boleh bawa mobil sendiri kaya di kebon raya bogor. Ongkos jalannya cuma 1,5 ringgit. Sedang 1 ringgit itu sekitar 2800 Rupiah. Murah? Emang, dan sangat cocok dengan rute jalannya yang sangat pendek. Beda banget ma kebun raya bogor yang luas sangat. Di kereta mini yang saya tumpangi isinya turis-turis mancanegara, nggak ada yang muka melayu. Padahal botanical garden itu lumayan bagus lho, karena fasilitas yang tersedia lengkap. Selain itu nggak banyak sampahnya pula.

Bareng-bareng di taman bunga yang cantik.

Bareng-bareng di taman bunga yang cantik.

Perjalanan menaiki kereta dimulai. Belum jauh memasuki area kebon, saya melihat ada komodo! Pertamanya saya pikir itu komodo karena besar, ternyata cuma biawak. Tapi biawak! Biawaknya besar, dan sedang berjalan-jalan, nggak di kandang ataupun di rantai. Wuih, keren, biawak bebas. Tapi sayang cuma satu biawaknya. Kalo banyakkan bagus nanti. Apalagi kalo penghuni botanical gardennya selain tanaman ,burung liar, dan biawak juga ada hewan lain, misal gajah atau monyet gitu. Kan nanti bisa merangkep kebun binatang juga.

Naik kereta keliling taman.

Naik kereta keliling taman.

Wah ada komodo, eh cuma biawak ding.

Wah ada komodo, eh cuma biawak ding.

Di sepanjang perjalanan, ada green house yang dilewati. Tapi ini green house nggak dibuka untuk umum. Dari luar isi green house-nya nggak keliatan. Sayang deh, udah mbangun green house susah-susah buat nampung tanaman hias tapi nggak dipamerin. Green housenya aja ternyata nggak bersih. Terawat sih iya, tapi keliatan kotor. Mungkin karena nggak dibuka untuk umum jadi nggak terlalu di perhatiin. Padahal isinya kan lumayan bagus, apalagi kaktusnya, keren-keren!

Dengan hanya memakan waktu setengah jam kurang perjalanan berakhir. Berakhir dengan dilewatinya sebuah jembatan yang di pinggirnya ada pohon berakar gedhe.. gedhe banget hingga bisa dijadikan pagar untuk mencegah pengunjung terperosok ke dalam sungai yang dalam. Enak dijadikan tempat untuk berfoto juga ;D.

Di dekat jembatan ini ada green house yang menyimpan anggrek. Green house ini boleh dimasuki pengunjung. Di dalam, anggreknya bagus-bagus. Bunganya banyak yang mekar lagi. Ada catleya, anggrek bulan, dendrobium, vanda, dan ada kantong semar walopun bukan sodaranya anggrek. Di dalam setiap green house, dilarang motret-motret. Di luar dan di dalam green house dipasangi gambar kamera dicoret garis merah. Tapi karena dasarnya suka foto-foto dan nggak mau nggak dibolehin foto-foto, saya potret saja anggrek –anggrek ini . Lagian nggak ada petugas jaganya juga.

anggrek yang ada di dalan green house

Akar pohonnya besar juga, ini sih di kebun raya Bogor kayaknya juga banyak.

Akar pohonnya besar juga, ini sih di kebun raya Bogor kayaknya juga banyak.

Di ujung jalan yang menyambung dengan jalan masuk tadi, ada toko souvenir. Souvenirnya lumayan bagus, tapi mahal. Ada gantungan kunci, kaos, tempelan kulkas, hiasan dinding, hiasan meja, jam, bahkan ada perangkonya juga. Ada hiasan dinding yang cukup unik, hiasan ini dibuat dari mengeringkan daun pohon-pohon yang ada di botanical garden ini. Bisa dijadikan koleksi juga. Tapi kalo souvenirnya ginian, bisa mbuat sendiri di rumah kali. Nggak usah beli mahal-mahal di sini.

Hore! Setelah membeli souvenir, mari pulang. Sebelum pulang, sempetin dulu foto-foto di tempat yang menarik. Hehehe.🙂

eh eh eh eh,, di luar gerbang botanical garden ada yang jual es krim lho.. lumayan enak dan bisa buat cemilan..

es krim enak.. (promosi.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s