Huruf Honocoroko yang Terlupakan

Salah satu materi pelajaran bahasa daerah di sekolah adalah dengan mengenal huruf Jawa atau dikenal dengan tulisan Honocoroko. Tentu saja siswa harus dapat menulis dan membaca rangkaian huruf-huruf tersebut dengan lancar. Huruf yang berjumlah hanya 20 saja, ternyata kadang lebih sulit.

Bentuk huruf ini tentu saja berbeda dengan huruf alfabet. Bentuk huruf jawa ini berbentuk agak rumit. Satu huruf menggambarkan satu suku kata. Kalau ingin membentuk kombinasi vokal yang berbeda maka harus diberikan sandangan tertentu, seperti pepet, taling, taling tarung dan lain-lain. Demikian juga kalau ingin membentuk huruf mati di suku kata tersebut, misalnya layar, pangku dan lain-lain.

Rasanya kalau di sekolah hanya mengenal saja sehingga siswa tidak memiliki waktu yang banyak. Akibatnya tentu tidak dapat menguasai kemampuan menulis dan membaca yang baik.

Deretan huruf Jawa.

Deretan huruf Jawa.

Kalau di sekitar kita sebenarnya sudah banyak cara melestarikan huruf jawa ini. Di Yogya, huruf Jawa ini dapat dibaca di papan nama jalan di perkotaan. Selain itu juga dituliskan di bagian belakang bis kota. Di beberapa papan nama toko juga pernah ada yang membuat tulisan Jawa ini. Tulisan ini diberikan di bawah kata serupa yang ditulis dalam bahasa latin. Jadi pembaca tetap dapat membaca nama jalan yang dimaksud dengan cepat.

Papan nama jalan di Yogya pakai tulisan Jawa.

Papan nama jalan di Yogya pakai tulisan Jawa.

Di depan pendopo kabupaten Purbalingga.

Di depan pendopo kabupaten Purbalingga.

Waktu saya di Purbalingga, saya bersama rombongan mengantarkan budhe pergi naik haji. Di depan pendopo kabupaten Purbalingga terdapat papan nama besar dalam tulisan Jawa juga. Hanya saja di situ tidak ada tulisan latinnya, jadi saya harus membaca dulu secara perlahan sambil mengingat-ingat setiap jenis huruf yang terpampang. Tapi kok tidak yakin ya…

Daripada bingung bacaannya, mending untuk lokasi foto saja dulu. Silakan pembaca yang mau ikut membaca tulisan Jawa itu diperbolehkan.

Benar-benar huruf Jawa yang terlupakan oleh kami bangsa Jawa itu sendiri…

One thought on “Huruf Honocoroko yang Terlupakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s