Kompleks Candi Banyunibo

Kompleks Candi Banyunibo terletak di desa Cepit, Bokoharjo, Sleman, Yogyakarta. Kompleks Candi Banyunibo yang berlatar belakang agama budha ini terdiri dari candi utama dan 6 candi perwara, yaitu 3 candi perwara selatan dan 3 candi perwara timur. Candi utama yang utuh berdiri di tengah. Sedang candi perwaranya belum direkonstruksi. Kompleks candi ini berada di tengah kebun tebu.

Candi Banyunibo

Tiket masuk ke Kompleks Candi Banyunibo ini untuk dewasa 2000 rupiah sedang untuk anak-anak 1000 rupiah. Pos penjagaan yang juga sebagai loket  berada di utara pintu gerbang yang menghadap ke barat. Di pos penjagaan terdapat papan informasi berisi data-data tentang Kompleks Candi Banyunibo, serta arca-arca seperti arca sapi yang dulunya berada di candi perwara.

arca sapi

Candi yang dikelilingi oleh perbukitan di sisi utara, timur dan selatan ini ditemukan dalam keadaan runtuh pada bulan November tahun 1940. Kemudian candi diteliti dan dipugar hingga tahun 1978.

Candi utama

Candi utama Banyunibo menghadap ke barat. Pintu masuk candi berupa tangga yang disampingnya terdapat relief tokoh-tokoh yang belum diketahui identitasnya. Pada ambang pintu masuk terdapat pahatan kalamakara, sedang pada pinggiran tangga terdapat pahatan makara yang ujungnya berupa kepala singa. Tubuh candi utama tambun, pada dinding selatan bagian dalam terdapat relief seorang wanita yang dikelilingi anak-anak, sedang dinding bagian utara terdapat relief seorang laki-laki yang sedang duduk.

pahatan kalamakara pada pintu

Candi utama Banyunibo berukuran 15×14 m, sedang tingginya 14 m, belum termasuk tinggi kaki candi yang 2 m. Di setiap sudut candi terdapat Jaladwara yang berfungsi sebagai saluran air hujan. Bagian kaki candi dihiasi relief-relief yang menggambarkan kehidupan dan kesuburan. Relief ini melambangkan Hariti, dewi kesuburan dalam agama Budha dan suaminya Vaisravana.

relief laki-laki yang sedang duduk

Di dalam candi terdapat ruangan berukuran 6×4 m. Rungan ini dilengkapi jendela-jendela yang dihiasi pilaster. Atap candi utama bagian bawah berbentuk daun bunga padma, sedang puncaknya berupa stupa, mirip stupa candi Borobudur.

stupa candi banyunibo

di depan candi banyunibo

One thought on “Kompleks Candi Banyunibo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s