Candi Asu Sengi

kemarin waktu aku pergi ke Salatiga, aku mampir ke candi ini. waktu itu aku emang belum tahu dimana letak sebenarnya candi ini. cuma diancer-anceri letak candinya sehabis ngelewatin sungai. waktu habis ngelewatin sungai, ian teriak, “itu candinya!”

candi ini terletak di dusun dukun, daerah magelang naik. dari jalan magelang yang udah jawa tengah, menggok di pertigaan yang ada klenteng nya tu lho. terus naik terus sampe di desa dukun, njuk naik lagi sampe ngelewatin jembatan kali pabelan (entah namanya itu atau bukan, aku lupa). nah, setelah ngelewatin sungai inilah si candi terlihat.

ternyata candinya lumayan bersih juga. nggak ada lumutnya. tapi batu-batunya nggak ditata rapi. mungkin malah natanya sakpenakke.

Penampakan candi Asu Sengi

Penampakan candi Asu Sengi

Papan nama candi.

Papan nama candi.

tujuan aku kesini kan buat liat sama motret-motret candi ini, bukan buat ngeliatin orang pacaran ==”. sumpah ya orang pacaran disini egois banget. aku kan mau naik ke atas, tapi nggak enak soalnya itu orang pacaran pada duduk-duduk di atas candi, dijalannya. masak aku mau ngusir. untung orangnya tau diri tak liatin terus. orangnya tau aku pengen naik, jadi minggir dah tu orang. lagian bapak juga udah naik, nggak enak kali di gangguin.

taman yang mengelilingi candi ini juga lumayan terawat. terlihat karena bunganya pada mekar nggak ada yang layu. tanamannya juga rapi nggak semrawut. enak dipandang.

Salah satu relief di candi yang masih terlihat.

Salah satu relief di candi yang masih terlihat.

Akhirnya dapat foto juga di sini, setelah yang pacaran pergi...

Akhirnya dapat foto juga di sini, setelah yang pacaran pergi…

sebenarnya candi asu ini ada tiga buah. tapi berhubung waktu mau ke candi satunya, jalannya nggak boleh dilewatin sama mobil, jadi nggak jadi. candi satunya tu ada di seberang sungai, tapi karena jembatannya kecil nggak cukup buat mobil, ya nggak jadi.

tapi waktu aku pulang dari salatiga, aku kan lewat keteb, terus turun lewat lurusnya keteb. nah, di deket sungai apa gitu ya, aku tu liat ada candi yang lumayan tinggi. sayangnya aku nggak mampir, soalnya waktu itu hujan deres. jadi jalan terus deh..

One thought on “Candi Asu Sengi

Tinggalkan Balasan

