Candi Kedulan, Kembaran Identik Candi Sambisari

kok bisa? iya soalnya candi kedulan ini BENAR-BENAR KEMBARANNYA candi sambisari…

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

kalau sedang berkunjung ke rumah budhe saya di kalasan, saya suka menanyakan kabarnya candi kedulan ini. jarak antara rumah dengan candi lumayan dekat. kesananya bisa menggunakan motor dan mobil. kalau naik motor bisa masuk ke gerbang, kalau naik mobil cuma bisa sampai pinggir jalan, soalnya jalannya nggak cukup.

dulu, ketika candi kedulan masih di masa awal-awal ditemukan, waktu digali tiba-tiba candi mengeluarkan air. jadi di candi kedulan ini ada mata airnya. mata airnya banyak sekali, menyebabkan penggalian candi tersendat sampai-sampai dulu sempat berubah menjadi kolam ikan (wakakak). ciyuss miapah,, dulu emang pernah jadi kolam ikan. terus karena airnya buanyak, dibuatkan saluran supaya air bisa keluar dan dimanfaatkan untuk irigasi pertanian setempat. airnya bening sekali, lebih bagus dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga (menurutku sih..).

candi terletak di desa kedulan, Tirtomartani, Kalasan, Sleman Yk. letak candi tidak di pinggir jalan, agak masuk ke gang dikit. candinya menjorok ke bawah, seperti candi sambisari. masuknya gratis. parkir juga gratis. karena dalam proses pemugaran, candi ini masih berantakan. proses penentuan letak batu-batu masih dikerjakan, jadi jangan berharap kalau kesini bisa lihat candi dalam bentuknya yang sebenarnya. bentuk garis besarnya saja nggak kelihatan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

candi dipisah-pisah sesuai tingkatnya. bagian pondasi masih berada di tempatnya semula. lalu atasnya yang (mungkin) bagian lantai disusun di sampingnya dan di lahan utara rumah informasi. bagian dinding, atap, dan puncak di lahan barat rumah. semuanya dikelompokkan agar lebih mudah menyusun. kata yang jaga, kalau semua batu sudah berada di tempatnya, pondasi akan dibetulkan, lalu tinggal susun saja. menyusunnya nggak pakai semen (katanya..), karena batunya jika sudah terletak ditempatnya yang benar nggak akan bisa geser lagi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

di dalam rumah informasi, ada kumpulan arca-arca dan relief. ada juga gambar rekonstruksi sebenarnya candi kedulan. gambarnya sama persis dengan candi sambisari (makanya dibilang kembar). bedanya, candi sambisari menghadap ke selatan, sedang candi kedulan menghadap ke timur. bapak-bapak yang jaga disini, orang yang pertama menemukan candi ini, mengatakan bahwa candi sambisari sebenarnya bukan hanya terdiri dari satu candi utama dan tiga candi prawara (pendamping) seperti yang kita ketahui, tapi masih ada ratusan candi-candi prawara lain yang mengelilingi candi utama. kalau semuanya dipugar, pemerintah harus memindahkan desa-desa disekelilingnya. begitu juga dengan candi kedulan ini. bayangkan seberapa luasnya jika kedua kompleks candi ini dipugar secara sempurna. bisa-bisa Yogyakarta bagian timur laut isinya candi semua.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

ini kalau digali lagi akan ditemukan tiga candi prawara seperti milik candi sambisari

saya nggak tahu kira-kira pemugaran candi ini selesai tahun berapa, tapi melihat proses penyusunan letak batu yang WOW sulitnya, masih lama sepertinya. tahun 2025? (ngawur). coba, kita disuruh nyusun batu yang bedanya tidak kasat mata, nyari batu sebelahnya saja sepertinya membutuhkan waktu lama, apalagi kalau batunya tercampur dengan batu-batu lain dan letaknya entah di permukaan tanah atau masih tertimbun tanah nggak tau sedalam apa. dimisalkan seperti main puzzle yang bagian puzzlenya dicampur dengan bagian puzzle gambar lain dan disembunyikan di bawah tanah.

saya hanya bisa berharap pemerintah niat memugar candi ini. semua prosesnya lancar, dana nggak nyangkut di tengah. kalau sudah jadi, kan bisa menambah objek pariwisata lagi. bisa saja yogyakarta di masa mendatang memiliki sebutan “kota sejuta candi”. bisa sajaaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s