Hello Mushroom!

Yap, kembali lagi aku bertemu dengan jamur. Ceritanya pagi ini bapak sedang berolah raga ria (bo’ongan) di kebun belakang rumah. Eh, di salah satu batang pohon srikaya yang sudah mati, tumbuh jamur yang GUEDHEE banget. Lebarnya se-buku tulis ukuran big bo*s. Bentuk jamurnya kaya jamur tiram yang payungnya membuka ke atas. Warnanya coklat, empuk banget kalo dipegang.

jamur

Kalau dilihat lebih teliti, jamur ini ternyata mengeluarkan asap. Asap ini memang berasal dari jamur, bukan dari knalpot atau kayu bakar, juga bukan dari makhluk halus. Jadi jamur ini sedang sebar-sebar spora. Menurut artikel ini, kalau ukuran jamurnya besar, asap sporanya jadi terlihat jelas. Jika ukuran jamurnya kcil, asapnya tidak terlihat.

jamur

Jamur ini besar, tapi kayanya nggak bisa dimakan. Di sisi lain batang, ada juga jamur kuping yang tumbuh. Tapi hanya sedikit. Kalau mau dibuat sop, nggak cukup. Di batang ini memang banyak sekali jamur berbeda jenis yang tumbuh. Tapi karena nggak bisa dimasak, dibiarkan saja. Mungkin lain kali di bawah batang pohon ini akan tumbuh jamur truffle, hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s