Curug Ceheng, Keindahan Dibalik Pepohonan

Kabupaten Purbalingga memiliki banyak objek wisata, salah satunya air terjun. Dalam istilah setempat air terjun disebut Curug. Di Purbalingga terdapat Curug Gedhe (di Baturaden), Curug Karang, dan Curug Ceheng. Curung Ceheng masih sangat alami, lingkungan sekitarnya area hutan yang hijau. Di Curug Ceheng ketika sedang musim-musimnya buah arbei berbuah, area di sekitarnya menjadi penuh dengan buah-buah ini.

IMG_5314

Jika sedang menuju objek wisata Baturaden akan melewati air terjun ini. Lokasi air terjun berada di lembah kecil di sekitar pekebonan. Tidak ada biaya masuk ke Curug Ceheng, namun ada biaya untuk parkirnya. Sekitar 2000an (aku lupa). Jarak antara parkiran motor-mobil dengan air terjun cukup jauh, jadi jika mau ke sana harus jalan sekitar 200 meter, lalu turun tangga menuju dasar lembah.

IMG_5279

Air terjunnya lumayan besar, dan terdapat kolam kecil untuk berenang di bawahnya. Karena masih alami, belum ada area untuk ganti baju ataupun berbilas. Namun di sekitar curug sudah banyak warung-warung kecil milik warga setempat. Makanan yang dijajakan pun lumayan banyak.

Jika sudah asyik bermain air di curug, jangan sampai kehabisan tenaga karena jalan pulangnya harus menaiki tangga setinggi 30an meter. Tangganya curam dan licin, kadang-kadang tidak ada pegangannya, harus hati-hati. Jika lelah di perjalanan, tenang saja. Di tengah tangga pulang akan ada warung yang “mengapung” di udara, karena warung ini dibangun di jurang dengan hanya menggunakan pondasi bambu. Mbaknya yang menjaga warung cantik lagi, hehe..

Mau ke sini?

IMG_5313 IMG_5316

2 thoughts on “Curug Ceheng, Keindahan Dibalik Pepohonan

  1. anita berkata:

    Di artikel ini ditulis ada warung yang “mengapung” di udara (yang dibangun di jurang dengan hanya menggunakan pondasi bambu)… Setau aq ga ada tuh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s