Dilarang Berkurban dengan Satu Ekor Hewan Kurban

Berkurban diwajibkan bagi umat Islam yang sudah mampu. Pelaksanaan kurban dilakukan pada saat hari raya Idul Adha dengan jalan memotong hewan kurban. Hewan kurban yang dipilih berupa kambing, sapi, unta atau yang lainnya.

Tetapi ternyata diketahui bahwa sebenarnya dilarang lho berkurban dengan jalan memotong satu ekor kambing. Demikian juga dilarang untuk berkurban dengan memotong satu ekor sapi untuk bertujuh orang. Jadi jangan sekali-sekali berkurban dengan cara itu.

Mengapa dilarang ? Baca lebih lanjut

Iklan

Kali Kuning yang Sekarang Tu Ya, Wuelok

Dulu ya, seingatku kali kuning itu bagus, keren.. airnya jernih, teduh pepohonan di sisi kanan kirinya, hawanya juga sejuk,, eh sekarang, berubah 180 derajat! Ini kenanganku waktu pergi ke Kali Kuning sekitar tahun 2008 lalu.

Kenangan Kali Kuning tahun 2008 yang jernih dan menyegarkan.

Gara-gara merapi njeblug, kali kuning yang jadi jalur turunnya lahar dingin atopun panas merapi to, airnya jadi butek berlumpur plus berpasir, pohon-pohon yang rimbun pada ambruk semua, hawanya puanasse pol! Busyet… damnya bahkan ampe roboh. Kali kuning yang pertamanya lewat sebelah kiri, sekarang jadi lewatnya yang sebelah kanan gara-gara yang sebelah kanan dah longsor, airkan selalu mencari jalan yang paling rendah.. ni liat!

Kondisi dam Kali Kuning tahun 2010 yang rusak terkena lahar dingin.

Aku Jadi Relawan Lho

Waktu itu, aku sama ibu pergi ke stadion meguwoharjo, soalnya ibuku jadi relawan disana. Ibu yang dokter gigi tergabung dalam relawan pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Karena ibu pengen ditemenin kesananya, yodah, aku ikut deh. Sekalian pengen tau di stadion tu kaya gimana (maklum, ndeso).

Sampe sana, wuoh,, yang namanya pengungsi itu ya, banyak!! kaya ada konsernya Jb aja..

Setelah markirin mobil, aku dan ibu langsung menuju ke tempat poskonya.

Suasana pemeriksaan dan pengobatan gigi para pengungsi.

Ibu dapet jadwal jaganya yang jam sepuluh sampe satu siang. Pertamanya, aku ngira pasiennya banyak, ealah, pas tak itung-itung, lha kok cuma sepuluh orang to. Waha, salahnya jadi dokter gigi, masak pengungsi merapi sakit gigi.. emangnya si wedhus gembel bisa mbolongin gigi napa?? Kalo jadi psikolog sih rebes-rebes aja, pengungsi kan lagi pada rame-ramenya stress, pasti nanti pasiennya banyak. Hehehe… Baca lebih lanjut

Bakso Kurban Asli Kanoman

Idul Adha kemaren, keluargaku ikut kurban di perumahan Kanoman. Keluargaku berkurban bertujuh dengan tetangga untuk kurban seekor sapi. Penyembelihan kurban dilaksanakan di masjid Al-Asel hari Rabu.

Setelah penyembelihan hewan selesai, daging kurban dibagi-bagikan kepada yang berhak. Sebagia sohibul kurban, keluargaku juga mendapatkan bagian daging. Oleh ibu, daging itu sebagian dimasak rendang dan rawon. Tapi, masih ada daging yang belum dimasak. Daripada bingung, daging ini kemudian dibuat bakso aja.

Daging kurban buat digiling jadi adonan bakso.

Aku disuruh ibu mbawa daging ini ke tempat penggilingan daging, tempatnya dekat shopping centre di belakang pasar Beringharjo. Aku ke sana sama tetanggaku yang juga mau membuat bakso. Dengan dibekali uang 25.000 rupiah, aku naik motor dengan tetanggaku. Sampai sana, ternyata sudah banyak orang yang antri. Kira-kira panjangnya sampe 50 meteranlah. Dengan terpaksa, aku antri deh…

Setengah jam menunggu, akhirnya tiba giliranku menyerahkan daging. Eh nasib.. nasib. Ternyata di dalam tokonya ada sepuluh kresek isi daging dijejer di atas meja, antri mau digiling! Ya ampun… masih harus antri lagi rupanya ya. Kresekku ditaruh di belakang sendiri deh. dan aku dikasih kertas nomer urut daging, 125. Antriannya pakai nomor kayak orang antre di bank nih. Baca lebih lanjut

Potong Kurban di Sekolahku

Hari kamis tanggal 18 November 2010, sekolahku ngadain kurban. Yang mbantu motong-motong daging selain guru dan karyawan, adalah anggota OSIS Inti SMPN 11, termasuk aku. Dengan membawa pisau tajam, celemek, serbet, aku dan temanku siap untuk memutilasi, eh, memotong daging sapi (yang dikurbanin cuma sapi doang, ada dua).

Sekolah mendatangkan beberapa orang yang ditugasi untuk menyembelih sapi itu. Penyembelihan dilakukan di belakang gedung sekolah, dekat parkiran motor guru. Tahun-tahun sebelumnya juga dilakukan di sini. Tapi karena aku nggak tegaan, aku nggak liat penyembelihan ini.

Memotong daging kurban kecil-kecil...

Setelah selesai nyembelih, si sapi kemudian dikuliti. Habis dikuliti, dagingnya dipotong potong menjadi bongkahan besar, lalu dibagikan kepada guru dan anggota OSIS yang sudah siap dengan pisaunya (buat motong daging si sapi). Dengan sekuat tenaga, guru dan anggota OSIS termasuk aku, memotong daging ini jadi kecil-kecil. Daging-daging ini harus dipisah-pisah, di 3 kategori. Yaitu : daging murni tampa lemak, daging yang ada lemaknya tapi dikit (yang putih-putih tu lho..), daging yang lemaknya banyak, dan lemak tok. Lemak ini tidak dibuang, fungsinya buat nambah-nambahi berat daging yang akan dibagikan, jika beratnya kurang dikit. Ini bukan curang lho.. Baca lebih lanjut

Aku jadi Korban Merapi

Abu merapi setebal dua centi, ckckck.....

Tiap hari aku bertugas menyapu halaman rumah dari sampah terutama dari dedaunan pohon mangga dan apokat yang berguguran. Saat gunung merapi meletus dan mengeluarkan awan panas, ternyata juga menghasilkan hujan abu yang sampai ke daerah tempat tinggalku. Debu abu yang berjatuhan ikut mengotori halaman dan ini menyulitkan saat harus menyapu sampah.

Memang sih saat gunung merapi meletus, aku ikut mengungsi ke rumah eyang di Purbalingga jadi aman. Tetapi setelah kembali ke Yogya, maka harus membantu ibu untuk menyapu halaman ini. Dengan adanya abu merapi maka jadi banyak debu yang ikut beterbangan. Setelah beberapa kali turun hujan maka debu-debu ini terbawa air hujan, tetapi sebagian mengendap di beberapa bagian halaman yang cekung. Baca lebih lanjut

Gambar Kartun Misterius

Aku pernah menggambar satu tokoh kartun. Tapi waktu gambar ini aku temukan lagi, ternyata sekarang malah lupa. Ini tokoh siapa gitu ?

Inilah gambarnya. Di situ ada tulisan Poo, tapi aku yakin ini bukan gambar Poo dari Teletubies. Kalau teletubies ini merupakan cerita film kartun yang lucu. Waktu itu memang sangat menarik bagiku saat kecil. Aku bahkan punya boneka keempat tokoh kartun termasuk Poo ini.

Saking tertariknya aku juga pernah menggambar tokoh-tokoh cerita ini. Kalau yang ini ketemu juga salah satu hasil gambarku dengan menggunakan komputer. Gambar yang ini menunjukkan tentang tokoh Poo.

Jadi tokoh siapakah yang aku gambar ini ?