Apa Nama Koreamu?

Nama orang korea itu terdiri dari tiga kata. Kata pertama nama keluarga atau marga (kalo aturan barat biasanya nama marga yang paling belakang, misal Ji Sung, Park. Kalo di korea jadinya Park Ji Sung). Kata kedua nama tengah. Kata ketiga nama panggilan.

Apa nama koreamu??? kalo mau tahu, lihat saja tanggal kelahiranmu. Kamu bisa membuat nama korea berdasarkan tanggal lahir, tapi kalo nggak mau menurut tanggal lahir juga boleh. Ini dia..

Nama keluarga atau marga kamu diambil dari angka terakhir Tahun Kelahiran (misal 1978, yang diambil 8-nya)
– 0: Park
– 1: Kim
– 2: Shin
– 3: Choi
– 4: Song
– 5: Kang
– 6: Han
– 7: Lee
– 8: Sung
– 9: Jung

Baca lebih lanjut

Manusia : Carnivora apa Herbivora

Kalau dalam pelajaran Biologi, ada klasifikasi hewan yang didasarkan pada jenis makanan yang dikonsumsinya. Hewan digolongkan menjadi herbivora, karnivora dan omnivora. Hewan Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan. Contohnya adalah kambing, sapi, gajah, dan lain-lain. Hewan karnivora adalah hewan pemakan daging. Contoh karnivora adalah kucing, anjing, harimau, dan lain-lain.

harimau merupakan karnivora

harimau merupakan karnivora

Di alam ada juga hewan yang memakan tumbuhan dan binatang, jenis hewan ini digolongkan menjadi kelompok omnivora. Contoh hewan ini adalah ayam, babi, burung gagak, musang, dan lain-lain.

Terus kalau manusia juga bisa dimasukkan sebagai hewan, kira-kira masuk kelompok hewan yang manakah ?

makan enak, gratisan lagi..

makan enak, gratisan lagi..

Manusia jelas makan padi, sayuran, buah-buahan berarti masuk herbivora. Akan tetapi manusia juga makan daging, telur, minum susu, sehingga masuk karnivora. Dari sini, berarti masuk kelompok omnivora.

Baca lebih lanjut

Sepanjang Jalan Kenangan, eh, Jalan Malioboro

Seperti biasanya, aku nggak punya kerjaan. Mau ngapa-ngapain males. Tapi kalo disuruh jalan-jalan mah diriku siap grak. Pas aku pulang dari sekolah habis ngambil ijazah, aku diajak temen-temenku ke malioboro. Kalo biasanya aku nolak karena kagak punya uang, kali ini oke oke saja. Aku sedang kaya raya soale..

Dengan naik bis jalur 12 dari skul, diriku, tiwi, mega, nuha, firasti, iput dan ina berangkat. Terus kami turun di titik nol Jogja. Habis itu jalan deh ke mal malioboro. Di sepanjang jalan kenangan ini, eh, jalan malioboro, huuu,, aku ngiler bo’. Pengen beli ini, pengen beli itu. Apa aja pengen dibeli. Tapi untung aku seorang yang tahu mengelola uang (baca: hemat dan pelit) jadi aku bisa menahan hawa nafsu berbelanja ini. Walaupun semangat takkan membeli ini sempat tergoyahkan ketika melihat ada kacamata kaya punyanya abang henry lau (wah jan, persis banget! warna framenya kuning, benar-benar persis, bukan, kembar!) diriku tetap melanjutkan acara jalan-jalan ini.

kacamatanya lucu..

kacamatanya lucu.. aku mau..

Sesampainya di mal, terenyata malnya belum buka. Masih harus nunggu sampe jam sepuluh. Kurang sepuluh menit lagi sih, jadi kami memutuskan untuk turun ke bawah aja dulu, mau ke gramedia. Tapi disebelah gramed ada toko kaset, jadi aku belok masuk ke toko kaset, daripada mlongo di toko buku kepengin beli??!  Di toko kaset ini jual albumnya suju yang sorry sorry n bonamana. Buset, harganya 75.000 rupiah! Nggak di gramed nggak disini aku tetep harus mlongo. Ketika mau keluar aku liat ada dvdnya sunanare!! hwaa mlongo lagi. Aduh bang jeje kenapa kau nampang di covernya sunanare?? Akhirnya aku terbebas juga dari “mlongo” setelah di usir keluar sama penjaga tokonya. Baca lebih lanjut

Perpisahan Kelas 9 SMPN 11

Setelah tiga tahun aku sekolah di smpku tercinta, SMPN 11… akhirnya harus berakhir juga. Pada hari kamis tanggal 16 Juni 2011, SMPN 11 mengadakan acara perpisahan sekaligus penyerahan hadiah kepada siswa yang berprestasi. Huhuhu, nggak kerasa dah lulus diriku.

Acara perpisahan ini mengundang orang tua murid yang berprestasi. Sayang nggak semua. Eh, tapi tumben lho sekolahku ngadain acara beginian pakai tenda segala. Pakai panggung lagi. Hebat! Lagi banyak duit kali ya..

Karena aku datengnya telat, aku nggak tau acara pembukaannya dibuka oleh siapa, sambutannya oleh siapa, apa aja pengumumannya. Aku datang waktu pak kepsek lagi pidato. Itu aja pidatonya tinggal separo. Karena aku datangnya telat aku susah nyari tempat duduk yang deket temen-temenku. Jadinya aku duduk di depan. Untung ada barengannya.

Menurut undangannya acara pertama adalah pelepasan siswa kelas sembilan secara simbolik, jadi diwakili. Setelah itu pembagian hadiah kepada siswa berprestasi, lalu pentas seni. Habis pak kepsek pidato, diteruskan pidatonya perwakilan orang tua siswa. Terus pembacaan ikrar oleh perwakilan siswa. Habis itu acara pembagian hadiah. Yey!

Acara pembagian hadiah ini meliputi lima besar siswa dengan nem tertinggi (sesekolah bukan seDIY lho), lalu siswa dengan nilai tertinggi di mata pelajaran tertentu. Terus juara kelas. Untuk lima besar siswa dengan nem tertinggi, diraih oleh temenku : Alfi Krido sebagai nomor lima; lalu Wahyu Herdian nomor empat; lalu Aza Ayu nomor tiga; lalu Nugrainna Malinda, DIRIKU!! Hoho.. nomor dua; terakhir Diela Zuhdiyani nomor satu. Tapi sebenernya yang nomor satu itu harusnya ada dua, Diella sama aku, soalnya nem kami sama. Tapi karena Diella huruf depan namanya d sedang aku n jadi yang juara satu diella. Besok kapan-kapan aku mau mbuat bancaan, aku mau ganti nama jadi alninna aja, biar ntar diduluin :P. Bagi lima besar pada dikasih amplop. Ada isinya, isinya uang, uang sebesar,, adadeh.

 

siswa dengan nem tertinggi

siswa dengan nem tertinggi

Baca lebih lanjut

Es Paling Panjang

Es Apa Yang Paling Panjang??

Waktu aku liburan ke rumah eyangku di Purbalingga, aku lewat wonosobo. karena waktu berangkat pada belum berangkat, jadinya mampir bentar di mi ongklok di daerah kertek. Mi ongklok ini kuahnya pakai sambal kacang. Jujur ya, aneh banget rasanya.. Dan karena daerah wonosobo dingin + lagi musim kemarau, jadinya ini mi ongklok cuma anget, nggak bisa panas. Lama-lama mi ongkloknya malah jadi dingin. Minumannya aja juga jadi dingin kaya es, padahal aku pesennya teh anget..

Eits,, kembali ke laptop, minuman apa yang paling panjang???

Waktu nunggu ibu mbayar, aku ngeliat daftar menunya. Disitu tertulis sedia mi ongklok, sate kelinci, tongseng, dan,, di tempat minuman ada tulian es juuus..

es juuus

es juuus

jadi jawaban dari pertanyaan di atas adalah,, ES JUUUUUUUUSSSSSSS..!!!

dan ada tambahan pertanyaan,,

sungai apa yang paling banyak es nya??

jawabannya sungai mississipi (coba hitung esnya, ada 4 lho..)

Ruben Nangkep Tikus

Pagi habis pertandingan Barca vs MU, habis bangun tidur aku langsung nyetel tv, mau liat berita sport. Walaupun aku suka Barcelona, tapi aku nggak liat pertandingannya, soalnya kalo aku liat ntar Barca kalah. Makanya aku liat berita, mau tau Barca menang apa kalah.

Tapi yang mau aku ceritain bukan itu. Waktu aku bangun tidur ruben kucingku juga ikut bangun. Waktu aku buka pintu belakang, ruben ngibrit keluar. Eng ing eng, ruben ternyata nangkep tikus! Sama ruben tikusnya di gigit, terus dibuat mainan. Itu tikus   diinjak-injak, digigit-gigit, ditendang-tendang (sadis banget..).

ruben menggigit tikus

ruben menggigit tikus

Habis di buat mainan, ruben nyakar-nyakar itu tikus.  tikusnya sampe berdarah-darah gitu. Karena berita bolanya dah mulai, aku tinggalin ruben sama mainan barunya. agak lama. tapi habis itu ibu tanya tikus yang ditangkep ruben dimana? ya aku bilang dibelakang lagi buat mainan ruben. tapi ibu nyari nggak ada. jangan-jangan itu tikus dimakan ruben. habis ruben kelihatan kekenyangan, dikasih makanannya nggak mau. padahal setiap pagi ruben mesthi meang-meong minta makan. udah gitu ruben meang-meong minta minum lagi. berarti ruben udah makan, makan itu tikus.

jadilah aku dimarahin ibu. soalnya ruben itu nggak boleh sampe makan tikus. ndak cacingan. kalo ruben cacingan, ntar ruben nggak boleh masuk rumah. sampe hari ini ruben udah makan tikus dua kali. moga aja nggak cacingan..

(baru aku posting sekarang… telat lama banget yakk)