Buah Ciplukan yang Berkhasiat

Waktu pulang sekolah dijemput sama bapak, terus mampir warung bakso kecil dekat sekolahan. Di bawah meja ternyata ada kardus yang menarik perhatian. Isinya berupa obyek yang jarang-jarang aku lihat.

Apa itu ? Ini nih…..

Rentengan buah ciplukan untuk dijual sebagai obat.

Rentengan buah ciplukan untuk dijual sebagai obat.

Ternyata itu adalah buah ciplukan. Rentengan buah ini berbeda dari yang biasa aku lihat. Biasanya aku lihat buah ciplukan ini berupa bulatan kecil yang terbungkus dalam kelopak berbentuk balon. Balon yang membungkus buah ini kalau masih muda berwarna hijau dan nanti kalau sudah tua berubah menjadi kekuningan sampai mengering layu. Buah di dalamnya juga berubah, berwarna hijau dan keras saat masih muda, yang akhirnya berubah putih kekuningan dan lunak saat sudah tua.
Baca lebih lanjut

Iklan

Ulat yang Berdosa

Bingung mau kasih judul apa foto satu hasil jepretanku kali ini. Akhirnya ditulis saja dengan judul Ulat yang Berdosa. Hehe….Mengapa bisa berdosa ? Iya lah, kita ini kan kalau makan diwajibkan untuk menghabiskan makanan yang kita ambil. Jadi kalau sudah mengambil makanan terus ditinggal begitu saja, itu namanya membuat barang terbuang/mubadzir dan itu hukumnya dosa.

Nah ini juga ulat yang aku foto beberapa waktu lalu. Daun yang dimakan ulat kok hanya dimakan sedikit. Habis itu malah ditinggal. Parah banget.

Hihihi... ualtnya baru makan sedikit sudah pergi. Malu difoto apa ya ?

Hihihi... ualtnya baru makan sedikit sudah pergi. Malu difoto apa ya ?

Masak sih hanya diicipi saja terus bilang gak enak, terus lari begitu saja. Ini namanya berdosa kan ? Harusnya ya dimakan sampai habis daun itu, minimal tinggal tulang-tulang daunnya saja. Jangan takut disebut dengan ulat rakus, yang penting tidak berdosa.
Baca lebih lanjut

Rangkaian Bunga Anggrek Merpati

Di belakang rumah ada satu batang bekas pohon srikaya yang telah mati. Batang pohon inilah yang pernah aku tuliskan tempat kucingku Ruben naik keluar rumah (baca tulisannya di sini). Pada batang itu banyak menempel tumbuhan anggrek terdiri dari beberapa jenis, dan salah satunya adalah anggrek merpati.

Anggrek ini bukan jenis anggrek yang sangat bagus dan banyak diperjualbelikan orang. Sepertinya malah tidak ada orang yang mau membeli anggrek jenis ini. Tetapi di rumah ditanam di belakang, termasuk di halaman depan di batang pohon mangga juga. Anggrek ini berbunga warna putih, berukuran kecil dan paling mekar setahun dua kali saja. Namun bunga anggrek merpati ini cukup harum baunya.

Beberapa waktu lalu, anggrek ini menghasilkan bunga yang sangat banyak. Bunganya hanya mekar tidak lama, paling hanya sehari saja. Jadi daripada tidak ada yang menikmati keindahan dan keharuman bunga ini, mending aku rangkai menjadi karangan bunga dalam vas saja.

Dua kuntum anggrek merpati.

Dua kuntum anggrek merpati.


Baca lebih lanjut

Tebak Buah Apa ?

Latihan fotografi lagi kali ini dengan menggunakan makro, yaitu untuk mengambil foto obyek denganjarak yang cukup dekat. Jadi obyek berukuran kecil dapat terlihat jelas karena diambil dari jarak beberapa centimeter saja.

Dengan menggunakan kamera digital biasa, tetapi ada fasilitas makro, jadi lumayan bisa berhasil. Bagus atau tidak sih soal lain, yang penting bisa memperoleh gambar yang menarik.

Salah satu hasil yang diperoleh adalah seperti pada gambar berikut. Ada buah yang berwarna oranye. Ini aku ambil di halaman rumah saja. Coba tebak itu buah apa hayo ???

Coba tebak, buah apa ini hayo ???

Coba tebak, buah apa ini hayo ???

Jawabannya adalah klik bagian berikut ya.
Baca lebih lanjut